We're just visitors

At the end of the game, the King and the Pawn goes into the same box

Sahih Bukhari Kitab Tauhid Bab Hadis Tentang Menjadikan Langit-Langit, Bumi Dan Lain-Lain Makhluk February 1, 2013

بَاب مَا جَاءَ فِي تَخْلِيقِ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَغَيْرِهَا مِنْ الْخَلَائِقِ وَهُوَ فِعْلُ الرَّبِّ تَبَارَكَ وَتَعَالَى وَأَمْرُهُ فَالرَّبُّ بِصِفَاتِهِ وَفِعْلِهِ وَأَمْرِهِ وَكَلَامِهِ وَهُوَ الْخَالِقُ الْمُكَوِّنُ غَيْرُ مَخْلُوقٍ وَمَا كَانَ بِفِعْلِهِ وَأَمْرِهِ وَتَخْلِيقِهِ وَتَكْوِينِهِ فَهُوَ مَفْعُولٌ مَخْلُوقٌ مُكَوَّنٌ

Bab Hadis Tentang Menjadikan Langit-Langit, Bumi Dan Lain-Lain Makhluk Dan Ia Adalah Perbuatan Rabb Dan Perintahnya. Rabb Dengan Sifat-Sifatnya, Fe`elnya, Amarnya Dan Kalamnya Adalah Khaliq (Yang Menciptakan) Tidak Makhluk (Yang Diciptakan) Dan Apa-Apa Yang Berlaku Daripada Perbuatan Perintahnya Dan Perbuatan Menjadikan Dan Penciptaan-Nya Maka Itu Yang Dilakukan Dan Makhluk Dan Yang Diciptakan

– Imam Bukhari kali ini membawakan sifat ‘khaliq’ Allah. Nak mengatakan bahawa Allah lah yang menjadikan segala sesuatu.
Dan nak mengatakan bahawa apa yang Allah jadikan alam ini bukan sia-sia. Ada sebab kenapa Allah buat. Segala sesuatu itu ada kelebihan dan ada kegunaan untuk manusia.

 

6898 – حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ أَبِي مَرْيَمَ أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ أَخْبَرَنِي شَرِيكُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي نَمِرٍ عَنْ كُرَيْبٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ بِتُّ فِي بَيْتِ مَيْمُونَةَ لَيْلَةً وَالنَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عِنْدَهَا لِأَنْظُرَ كَيْفَ صَلَاةُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِاللَّيْلِ فَتَحَدَّثَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَعَ أَهْلِهِ سَاعَةً ثُمَّ رَقَدَ فَلَمَّا كَانَ ثُلُثُ اللَّيْلِ الْآخِرُ أَوْ بَعْضُهُ قَعَدَ فَنَظَرَ إِلَى السَّمَاءِ فَقَرَأَ { إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ إِلَى قَوْلِهِ لِأُولِي الْأَلْبَابِ } ثُمَّ قَامَ فَتَوَضَّأَ وَاسْتَنَّ ثُمَّ صَلَّى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً ثُمَّ أَذَّنَ بِلَالٌ بِالصَّلَاةِ فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ خَرَجَ فَصَلَّى لِلنَّاسِ الصُّبْحَ

6898. Telah menceritakan kepada kami Sa’id bin Abu Maryam telah mengabarkan kepada kami Muhammad bin Ja’far telah mengabarkan kepadaku Syarik bin Abdullah bin Abu Namir dari Kuraib dari Ibn Abbas mengatakan, “Suatu malam aku bermalam di rumah maimunah sedang Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam Shallallahu’alaihiwasallam berada disitu, itu kulakukan dengan niat agar aku bisa melihat Shalat Rasulullah Shallallahu’alaihiwasallam ketika malam. Rasulullah Shallallahu’alaihiwasallam berbicara beberapa ketika dengan ahlinya, kemudian tidur, ketika sepertiga malam terakhir tiba, atau separuh malam, beliau duduk dan menatap langit lantas membaca ayat: ‘(Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi hingga ayat terdapat tanda-tanda bagi orang yang berakal) ‘ (QS. Ali’Imran: 190). Kemudian beliau berdiri dan berwudlu’, memberus gigi-giginya kemudian shalat sebelas rakaat. Kemudian setelah Bilal mengumandangkan adzan (subuh), beliau shalat dua rakaat, kemudian keluar untuk mengimami orang-orang shalat subuh.”

– Dalam hadis ini Nabi membacakan ayat yang mengatakan Allah lah yang menjadikan langit dan bumi.

 

بَاب قَوْلِهِ تَعَالَى { وَلَقَدْ سَبَقَتْ كَلِمَتُنَا لِعِبَادِنَا الْمُرْسَلِينَ }

Bab Firman Allah Taala { Dan Demi Sesungguhnya! Telah Tetap Keputusan Kami, Bagi Hamba-Hamba Kami Yang Diutus Menjadi Rasul }

6899 – حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ حَدَّثَنِي مَالِكٌ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَمَّا قَضَى اللَّهُ الْخَلْقَ كَتَبَ عِنْدَهُ فَوْقَ عَرْشِهِ إِنَّ رَحْمَتِي سَبَقَتْ غَضَبِي

6899. Telah menceritakan kepada kami Ismail telah menceritakan kepadaku Malik dari Abu Zinad dari Al A’raj dari Abu Hurairah radliyallahu’anhu, “Rasulullah Shallallahu’alaihiwasallam bersabda: “Apabila Allah telah menyempurnakan kejadian makhluk, Dia menulis di sisi-Nya di atas arsy-Nya ‘Sesungguhnya rahmat-Ku mengatasi kemurkaan-Ku.”

– Ini menceritakan ketetapan Allah. Ini adalah sifat ‘taqwini’ Allah. Allah menentukan segala sesuatu.

 

6900 – حَدَّثَنَا آدَمُ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ سَمِعْتُ زَيْدَ بْنَ وَهْبٍ سَمِعْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ حَدَّثَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ الصَّادِقُ الْمَصْدُوقُ أَنَّ خَلْقَ أَحَدِكُمْ يُجْمَعُ فِي بَطْنِ أُمِّهِ أَرْبَعِينَ يَوْمًا أَوْ أَرْبَعِينَ لَيْلَةً ثُمَّ يَكُونُ عَلَقَةً مِثْلَهُ ثُمَّ يَكُونُ مُضْغَةً مِثْلَهُ ثُمَّ يُبْعَثُ إِلَيْهِ الْمَلَكُ فَيُؤْذَنُ بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ فَيَكْتُبُ رِزْقَهُ وَأَجَلَهُ وَعَمَلَهُ وَشَقِيٌّ أَمْ سَعِيدٌ ثُمَّ يَنْفُخُ فِيهِ الرُّوحَ فَإِنَّ أَحَدَكُمْ لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ الْجَنَّةِ حَتَّى لَا يَكُونُ بَيْنَهَا وَبَيْنَهُ إِلَّا ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ فَيَدْخُلُ النَّارَ وَإِنَّ أَحَدَكُمْ لَيَعْمَلُ بِعَمَلِ أَهْلِ النَّارِ حَتَّى مَا يَكُونُ بَيْنَهَا وَبَيْنَهُ إِلَّا ذِرَاعٌ فَيَسْبِقُ عَلَيْهِ الْكِتَابُ فَيَعْمَلُ عَمَلَ أَهْلِ الْجَنَّةِ فَيَدْخُلُهَا

6900. Telah menceritakan kepada kami Adam telah menceritakan kepada kami Syu’bah telah menceritakan kepada kami Al A’masy aku mendengar Zaid bin Wahb aku mendengar ‘Abdullah bin Mas’ud radliyallahu’anhu, telah menceritakan kepada kami bahawa Rasulullah Shallallahu’alaihiwasallam bersabda bahawa beliau adalah seorang yang benar dan dibenarkan, dan sesungguhnya penciptaan salah seorang diantara kalian dihimpun dalam perut ibunya selama empat puluh hari, atau empat puluh malam, kemudian menjadi segumpal darah dalam empat puluh hari berikutnya, kemudian menjadi segumpal daging dalam empat puluh hari berikutnya, kemudian Allah mengutus malaikat kepadanya dan memerintahkan untuk menuliskan empat perkara (empat hal); tentang rezekinya, ajalnya, amalnya, celaka atau bahagia. Kemudian Allah meniupkan ruh padanya, sungguh ada salah seorang diantara kalian yang benar-benar melakukan amalan penghuni surga hingga tak ada jarak antara dia dan surga selain sehasta, namun kemudian takdir telah mendahului dia telah belaku, lantas ia pun melakukan amalan penghuni neraka dan akhirnya dia masuk neraka. Dan sungguh ada salah seorang diantara kalian yang melakukan amalan penghuni neraka, hingga tak ada jarak antara dia dan neraka selain sehasta, namun kemudian takdir yang telah mendahuluinya berlaku, lantas ia pun mengamalkan amalan penghuni syurga sehingga ia memasukinya.”

– Allah telah menetapkan samada seseorang itu akan masuk syurga atau masuk neraka. Janganlah pengetahuan ini menyebabkan kita tidak melakukan ibadat pula. Sebab kita tidak tahu samada kita ahli neraka atau ahli syurga. Tugas kita adalah beribadat kepada Allah.

 

6901 – حَدَّثَنَا خَلَّادُ بْنُ يَحْيَى حَدَّثَنَا عُمَرُ بْنُ ذَرٍّ سَمِعْتُ أَبِي يُحَدِّثُ عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يَا جِبْرِيلُ مَا يَمْنَعُكَ أَنْ تَزُورَنَا أَكْثَرَ مِمَّا تَزُورُنَا فَنَزَلَتْ { وَمَا نَتَنَزَّلُ إِلَّا بِأَمْرِ رَبِّكَ لَهُ مَا بَيْنَ أَيْدِينَا وَمَا خَلْفَنَا } إِلَى آخِرِ الْآيَةِ قَالَ كَانَ هَذَا الْجَوَابَ لِمُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

6901. Telah menceritakan kepada kami Khallad bin Yahya telah menceritakan kepada kami Umar bin Dzar aku mendengar Ayahku menceritakan dari Said bin Jubair dari Ibn Abbas Radliyallahu’anhuma, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Wahai Jibril, apa yang menghalangimu untuk mengunjungi kami lebih sering daripada apa yang telah engkau lakukan?” Maka turunlah ayat: ‘(Dan tidaklah Kami turun melainkan dengan perintah Tuhanmu, Dia mengetahui tentang apa yang didepan kita -urusan akhirat- dan di belakang kita -yang kita akan tinggalkan iaitu urusan dunia) ‘, hingga akhir ayat (Qs. Maryam: 64). Dan jawaban ini adalah untuk Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.”

Jibrail turun adalah dengan perintah Tuhan. Bukan dia boleh buat ikut suka hatinya.
Tuhan tahu semua sekali.

 

6902 – حَدَّثَنَا يَحْيَى حَدَّثَنَا وَكِيعٌ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنْ عَلْقَمَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ كُنْتُ أَمْشِي مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي حَرْثٍ بِالْمَدِينَةِ وَهُوَ مُتَّكِئٌ عَلَى عَسِيبٍ فَمَرَّ بِقَوْمٍ مِنْ الْيَهُودِ فَقَالَ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ سَلُوهُ عَنْ الرُّوحِ وَقَالَ بَعْضُهُمْ لَا تَسْأَلُوهُ عَنْ الرُّوحِ فَسَأَلُوهُ فَقَامَ مُتَوَكِّئًا عَلَى الْعَسِيبِ وَأَنَا خَلْفَهُ فَظَنَنْتُ أَنَّهُ يُوحَى إِلَيْهِ فَقَالَ
{ وَيَسْأَلُونَكَ عَنْ الرُّوحِ قُلْ الرُّوحُ مِنْ أَمْرِ رَبِّي وَمَا أُوتِيتُمْ مِنْ الْعِلْمِ إِلَّا قَلِيلًا }
فَقَالَ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ قَدْ قُلْنَا لَكُمْ لَا تَسْأَلُوهُ

6902. Telah menceritakan kepada kami Yahya telah menceritakan kepada kami Waki’ dari Al A’masy dari Ibrahim dari ‘Alqamah dari Abdullah ibn Mas’ud berkata, “Pernah aku berjalan bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam di sebuah bendang dekat Madinah, ketika itu Nabi bertongkat dengan pelepah tamar. Kemudian beliau melewati sekelompok orang Yahudi, sebahagian diantara mereka berkata kepada sebahagian lainnya ‘kamu tanyailah dia tentang roh’, sedang sebahagian lain berkata ‘Jangan tanyai dia tentang roh’. Mereka pun bertanya Nabi tentang roh. Kemudian baginda berdiri bertongkat di atas pelepah tamar itu sedang saya berada di belakangnya, aku yakin beliau sedang menerima wahyu, lantas beliau membacakan kepada mereka: ‘(Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh, katakanlah bahwa roh itu adalah sebahagian urusan tuhanku, dan tidaklah kamu diberi ilmu melainkan sedikit) ‘ (Qs. Al Isra’: 85). Maka sebagian di antara mereka berkata kepada sebagian lainnya, ‘Kan telah kami katakan kepada kalian, jangan kalian tanya tentangnya! ‘

Mereka bertanya kepada kamu tentang roh. Banyak khilaf ulama tentang perkara ini. Apakah yang dimaksudkan dengan ‘roh’ dalam soalan ini?
Ada kata ianya adalah roh yang menyebabkan kita dapat hidup.
Ada yang kata ini adalah roh yang akan berdiri dalam saf di akhirat nanti.
Roh itu terjadi hasil dari kata Allah ‘kun’. Roh itu adalah makhluk juga. Termasuk dalam perintah Tuhan. Sifat taqwini Allah itu bertindak kepada roh itu. Kerja Allah. Bukan kerja manusia.
Roh itu dengan maksud ‘kejadian besar’. Lagi besar dari kejadian malaikat.
Ada kata ianya adalah Jibrail.
Ada yang kata ianya adalah Quran. Sebahagian dari wahyu dan kalam Allah.
Allah tidak beritahu hakikat roh itu. Manusia tidak akan sampai untuk tahu kepadanya.

 

6903 – حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ حَدَّثَنِي مَالِكٌ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ تَكَفَّلَ اللَّهُ لِمَنْ جَاهَدَ فِي سَبِيلِهِ لَا يُخْرِجُهُ إِلَّا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِهِ وَتَصْدِيقُ كَلِمَاتِهِ بِأَنْ يُدْخِلَهُ الْجَنَّةَ أَوْ يَرْجِعَهُ إِلَى مَسْكَنِهِ الَّذِي خَرَجَ مِنْهُ مَعَ مَا نَالَ مِنْ أَجْرٍ أَوْ غَنِيمَةٍ

6903. Telah menceritakan kepada kami Ismail telah menceritakan kepadaku Malik dari Abu Zinad dari Al A’raj dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Allah menjamin bagi siapa yang keluar berjihad di jalan-Nya, yang tidaklah ia berangkat selain benar-benar untuk berjihad di jalan-Nya dan membenarkan kalimat-Nya, bahwa Dia akan memasukkannya dalam syurga atau Ia akan mengembalikannya ke tempat tinggalnya yang ia tinggalkan beserta yang diperolehnya berupa pahala dan ghanimah.”

Hadis ini menceritakan tentang ‘kalam’ Allah. Atau ketetapan Allah. Iaitu dalam hadis ini, Allah telah menetapkan bahawa sesiapa sahaja berjuang untuk membenarkan ‘kalimat’ Allah, maka dia akan dimasukkan ke dalam syurga.

 

6904 – حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرٍ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ أَبِي وَائِلٍ عَنْ أَبِي مُوسَى قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ الرَّجُلُ يُقَاتِلُ حَمِيَّةً وَيُقَاتِلُ شَجَاعَةً وَيُقَاتِلُ رِيَاءً فَأَيُّ ذَلِكَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ مَنْ قَاتَلَ لِتَكُونَ كَلِمَةُ اللَّهِ هِيَ الْعُلْيَا فَهُوَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ

6904. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Katsir telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Al A’masy dari Abu Wail dari Abu Musa berkata, “Datang seseorang kepada Nabi Shallalahu’alaihiwasallam dan berkata, ‘orang berperang karena semangat, atau berperang karena berani, dan ada yang berperang karena ingin menunjuk-nunjuk, siapakah diantara orang-orang itu berada di jalan Allah? ‘ Nabi menjawab: “Siapa yang berperang agar kalimatullah menjadi tinggi, itulah orang yang berjuang fii sabilillah.”

– Hadis berkenaan ketetapan atau kalam Allah.

 

بَاب قَوْلِ اللَّهِ تَعَالَى { إِنَّمَا قَوْلُنَا لِشَيْءٍ إِذَا أَرَدْنَاهُ أَنْ نَقُولَ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ }

Bab Firman Allah Taala {Sesungguhnya Perkataan Kami Kepada Sesuatu Apabila Kami Kehendaki, Hanyalah Kami Berkata Kepadanya: “Jadilah Engkau! “, Maka Menjadilah Ia}

6905 – حَدَّثَنَا شِهَابُ بْنُ عَبَّادٍ حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ حُمَيْدٍ عَنْ إِسْمَاعِيلَ عَنْ قَيْسٍ عَنْ الْمُغِيرَةِ بْنِ شُعْبَةَ قَالَ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لَا يَزَالُ مِنْ أُمَّتِي قَوْمٌ ظَاهِرِينَ عَلَى النَّاسِ حَتَّى يَأْتِيَهُمْ أَمْرُ اللَّهِ

6905. Telah menceritakan kepada kami Syihab bin Ibad telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin Humaid dari Ismail dari Qais dari Mughirah bin Syu’bah berkata, “Aku mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Akan senantiasa ada dari umatku sekelompok orang (kaum) yang terus mengatasi orang-orang lain, hingga keputusan Allah mendatangi mereka.”

 

6906 – حَدَّثَنَا الْحُمَيْدِيُّ حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ حَدَّثَنَا ابْنُ جَابِرٍ حَدَّثَنِي عُمَيْرُ بْنُ هَانِئٍ أَنَّهُ سَمِعَ مُعَاوِيَةَ قَالَ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لَا يَزَالُ مِنْ أُمَّتِي أُمَّةٌ قَائِمَةٌ بِأَمْرِ اللَّهِ مَا يَضُرُّهُمْ مَنْ كَذَّبَهُمْ وَلَا مَنْ خَالَفَهُمْ حَتَّى يَأْتِيَ أَمْرُ اللَّهِ وَهُمْ عَلَى ذَلِكَ فَقَالَ مَالِكُ بْنُ يُخَامِرَ سَمِعْتُ مُعَاذًا يَقُولُ وَهُمْ بِالشَّأْمِ فَقَالَ مُعَاوِيَةُ هَذَا مَالِكٌ يَزْعُمُ أَنَّهُ سَمِعَ مُعَاذًا يَقُولُ وَهُمْ بِالشَّأْمِ

6906. Telah menceritakan kepada kami Humaidi telah menceritakan kepada kami Al Walid bin Muslim telah menceritakan kepada kami Ibnu Jabir telah menceritakan kepadaku Umair bin Hani’ ia mendengar Mu’awiyah mengatakan, “Pernah aku mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Akan senantiasa ada dari umatku yang tetap menegakkan perintah Allah, tidak menjejaskan mereka orang yang mendustakan mereka, tidak juga yang menentang mereka hinggalah keputusan Allah datang kepada mereka dalam mereka masih dalam keadaan seperti itu.” Malik bin Yukhamir berkata, “Aku mendengar Mu’adz berkata, “Dan mereka berada di Syam.” Mu’awiyah juga mengatakan, “Malik beranggapan bahwa ia mendengar Mu’adz berkata, “Dan mereka berada di Syam.”

 

6907 – حَدَّثَنَا أَبُو الْيَمَانِ أَخْبَرَنَا شُعَيْبٌ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي حُسَيْنٍ حَدَّثَنَا نَافِعُ بْنُ جُبَيْرٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ وَقَفَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى مُسَيْلِمَةَ فِي أَصْحَابِهِ فَقَالَ لَوْ سَأَلْتَنِي هَذِهِ الْقِطْعَةَ مَا أَعْطَيْتُكَهَا وَلَنْ تَعْدُوَ أَمْرَ اللَّهِ فِيكَ وَلَئِنْ أَدْبَرْتَ لَيَعْقِرَنَّكَ اللَّهُ

6907. Telah menceritakan kepada kami Abul Yaman Telah mengabarkan kepada kami Syu’aib dari Abdullah bin Abu Husain telah menceritakan kepada kami Nafi’ bin Jubair dari Ibn Abbas berkata, “Pernah nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berdiri di hadapan Musailamah bersama kawan-kawannya, lantas beliau berkata “Kalau engkau meminta cebisan kayu ini, niscaya aku tidak akan memberikannya kepadamu selama-lamanya, dan kamu sekali-kali tidak bisa melampaui ketetapan Allah tentangmu, dan kalau engkau berpaling, Allah akan membinasakanmu.”

6908 – حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَاعِيلَ عَنْ عَبْدِ الْوَاحِدِ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنْ عَلْقَمَةَ عَنْ ابْنِ مَسْعُودٍ قَالَ بَيْنَا أَنَا أَمْشِي مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي بَعْضِ حَرْثِ الْمَدِينَةِ وَهُوَ يَتَوَكَّأُ عَلَى عَسِيبٍ مَعَهُ فَمَرَرْنَا عَلَى نَفَرٍ مِنْ الْيَهُودِ فَقَالَ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ سَلُوهُ عَنْ الرُّوحِ فَقَالَ بَعْضُهُمْ لَا تَسْأَلُوهُ أَنْ يَجِيءَ فِيهِ بِشَيْءٍ تَكْرَهُونَهُ فَقَالَ بَعْضُهُمْ لَنَسْأَلَنَّهُ فَقَامَ إِلَيْهِ رَجُلٌ مِنْهُمْ فَقَالَ يَا أَبَا الْقَاسِمِ مَا الرُّوحُ فَسَكَتَ عَنْهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَعَلِمْتُ أَنَّهُ يُوحَى إِلَيْهِ فَقَالَ { وَيَسْأَلُونَكَ عَنْ الرُّوحِ قُلْ الرُّوحُ مِنْ أَمْرِ رَبِّي } وَمَا أُوتُوا مِنْ الْعِلْمِ إِلَّا قَلِيلًا
قَالَ الْأَعْمَشُ هَكَذَا فِي قِرَاءَتِنَا

6908. Telah menceritakan kepada kami Musa bin Ismail dari Abdul Wahid dari Al A’masy dari Ibrahim dari Alqamah dari Ibnu Mas’ud berkata, “Pernah aku berjalan bersama nabi shallallahu ‘alaihi wasallam di ladang yang ditinggalkan di Madinah, sedang ketika itu beliau bertongkat di atas sebuah dahan pohon kurma, tiba tiba kami melewati beberapa orang Yahudi, sebagian mereka berkata kepada sebagian lainnya, ‘tanyailah dia (Muhammad) tentang roh’, sementara sebagian mereka berkata, ‘Jangan engkau bertanya kepadanya suatu hal yang kalian sendiri tidak senang’. Namun sebagian mereka berkata, ‘Sungguh kami tetap akan bertanya kepadanya! ‘ Lalu sebagian di antara mereka datang menemui beliau dan berkata, “Wahai abu Qasim, apa roh itu?” Nabi shallallhu’lihiwasallam terdiam, maka aku pun tahu bahwa beliau sedang menerima wahyu. Lantas beliau membacakan ayat: ‘(Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh, katakanlah ‘Bahwasanya roh itu urusan Tuhanku, dan tidaklah kalian diberi ilmu kecuali sedikit saja) ‘ (Qs. Al Isra’: 85).

 

بَاب قَوْلِ اللَّهِ تَعَالَى { قُلْ لَوْ كَانَ الْبَحْرُ مِدَادًا لِكَلِمَاتِ رَبِّي لَنَفِدَ الْبَحْرُ قَبْلَ أَنْ تَنْفَدَ كَلِمَاتُ رَبِّي وَلَوْ جِئْنَا بِمِثْلِهِ مَدَدًا } { وَلَوْ أَنَّ مَا فِي الْأَرْضِ مِنْ شَجَرَةٍ أَقْلَامٌ وَالْبَحْرُ يَمُدُّهُ مِنْ بَعْدِهِ سَبْعَةُ أَبْحُرٍ مَا نَفِدَتْ كَلِمَاتُ اللَّهِ }
{ إِنَّ رَبَّكُمْ اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ فِي سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى الْعَرْشِ يُغْشِي اللَّيْلَ النَّهَارَ يَطْلُبُهُ حَثِيثًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُومَ مُسَخَّرَاتٍ بِأَمْرِهِ أَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْأَمْرُ تَبَارَكَ اللَّهُ رَبُّ الْعَالَمِينَ } سَخَّرَ ذَلَّلَ

Bab: Firman Allah Ta’ala: {Katakanlah: Sekiranya lautan menjadi tinta untuk kalimat-kalimat Tuhanku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu}

Kalau kalam manusia kalau nak ditulis, maka akan habis ditulis. Tetapi kalau kalam Allah, tidak mungkin.

6909 – حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ تَكَفَّلَ اللَّهُ لِمَنْ جَاهَدَ فِي سَبِيلِهِ لَا يُخْرِجُهُ مِنْ بَيْتِهِ إِلَّا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِهِ وَتَصْدِيقُ كَلِمَتِهِ أَنْ يُدْخِلَهُ الْجَنَّةَ أَوْ يَرُدَّهُ إِلَى مَسْكَنِهِ بِمَا نَالَ مِنْ أَجْرٍ أَوْ غَنِيمَةٍ

6909. Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Yusuf Telah mengabarkan kepada kami Malik dari Abu Zinad dari Al A’raj dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Allah menjamin siapa saja yang berjihad di jalan-Nya, tidak ada dorongan baginya untuk berjihad di jalan-Nya selain jihad di jalan-Nya dan membenarkan kalimat-Nya, untuk masukkan ke dalam syurga, atau Allah mengembalikannya ke tempat tinggalnya dengan ganjaran atau ghanimah.”

Advertisements
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s