We're just visitors

At the end of the game, the King and the Pawn goes into the same box

Sahih Bukhari Kitab Perubatan Bab Tiada Burung Hantu…(dan seterusnya) December 27, 2012

Filed under: Hadith,Kitab Perubatan — visitor74 @ 3:13 pm

بَاب لَا هَامَةَ

Bab Tidak Ada Burung Hantu atau penjelmaan yang mati kedalam tubuh yang lain

5328 – حَدَّثَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ يُوسُفَ أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ
قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا عَدْوَى وَلَا صَفَرَ وَلَا هَامَةَ فَقَالَ أَعْرَابِيٌّ يَا رَسُولَ اللَّهِ فَمَا بَالُ الْإِبِلِ تَكُونُ فِي الرَّمْلِ كَأَنَّهَا الظِّبَاءُ فَيُخَالِطُهَا الْبَعِيرُ الْأَجْرَبُ فَيُجْرِبُهَا فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَمَنْ أَعْدَى الْأَوَّلَ
وَعَنْ أَبِي سَلَمَةَ سَمِعَ أَبَا هُرَيْرَةَ بَعْدُ يَقُولُ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يُورِدَنَّ مُمْرِضٌ عَلَى مُصِحٍّ وَأَنْكَرَ أَبُو هُرَيْرَةَ حَدِيثَ الْأَوَّلِ قُلْنَا أَلَمْ تُحَدِّثْ أَنَّهُ لَا عَدْوَى فَرَطَنَ بِالْحَبَشِيَّةِ قَالَ أَبُو سَلَمَةَ فَمَا رَأَيْتُهُ نَسِيَ حَدِيثًا غَيْرَهُ

5328. Telah menceritakan kepadaku Abdullah bin Muhammad telah menceritakan kepada kami Hisyam bin Yusuf telah mengabarkan kepada kami Ma’mar dari Az Zuhri dari Abu Salamah dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu dia berkata; Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidak ada ‘adwa (keyakinan adanya penularan penyakit) tidak ada shafar (menganggap bulan shafar sebagai bulan haram atau keramat) dan tidak pula hammah.” Lalu seorang Arab badui berkata; “Wahai Rasulullah, kenapakah unta yang ada di padang pasir, bagaikan gerombolan kijang lalu datang padanya unta berkurap dan bercampur baur dengannya menyebabkan yang lain-lainnya berkurap?” Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “siapakah yang menjangkitkan penyakit kepada yang pertama?” Setelah itu Abu Salamah mendengar Abu Hurairah mengatakan; Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Janganlah tuan binatang-binatang yang sakit membawa binatang-binatangnya kepada binatang yang sehat.” -sepertinya Abu Hurairah mengingkari hadits yang pertama- maka kami bertanya; “Tidakkah anda pernah menceritakan bahwa tidak ada ‘adwa (keyakinan adanya penularan penyakit).” Lalu dia bicara dengan bahasa Habsyah. aku tidak pernah melihatnya lupa terhadap hadits selain hadits di atas.”

Banyak yang salah faham dengan burung hantu ni

– Sekali lagi Imam Bukhari membawa hadis ini. Kali ni ada tambahan sikit. Nak menceritakan tajuk yang lain. Iaitu tidak ada jelmaan orang mati nak membalas dendam. Atau roh manusia dibunuh yang akan menjadi burung yang akan terus berbunyi selagi pembunuhnya tidak dibawa kemuka pengadilan.

Hadis ini seperti menunjukkan ada hadis yang Abu Hurairah lupa. Ada kekeliruan mungkin. Sebab bukanlah Abu Hurairah nak mengatakan tidak ada jangkitan. Cuma dia nak kata bahawa tidak ada kuasa pada virus itu untuk menyebabkan jangkitan. Semuanya adalah bergantung kepada Allah jua. Tapi kenalah lari daripada kemungkinan itu. Ini adalah berkenaan sebab musabab.

Kalau nak kata Abu Hurairah lupa pun, ianya adalah sebelum beliau didoakan oleh Nabi yang doa itu dengan izin Allah menyebabkan Abu Hurairah tidak lupa dengan hadis yang disampaikan Nabi. Selepas Nabi mendoakan kepada Abu Hurairah, dia ingat sentiasa tentang apa apa hadis yang Nabi sampaikan.

 

 

بَاب لَا عَدْوَى

Bab Tidak Ada Penyakit Berjangkit

5329 – حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ عُفَيْرٍ قَالَ حَدَّثَنِي ابْنُ وَهْبٍ عَنْ يُونُسَ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ قَالَ أَخْبَرَنِي سَالِمُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ وَحَمْزَةُ أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا عَدْوَى وَلَا طِيَرَةَ إِنَّمَا الشُّؤْمُ فِي ثَلَاثٍ فِي الْفَرَسِ وَالْمَرْأَةِ وَالدَّارِ

5329. Telah menceritaka kepada kami Sa’id bin ‘Ufair dia berkata; telah menceritaka kepadaku Ibnu Wahb dari Yunus dari Ibnu Syihab dia berkata; telah mengabarkan kepadaku Salim bin Abdullah dan Hamzah bahwa Abdullah bin Umar radliallahu ‘anhuma berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidak ada ‘adwa (keyakinan adanya penularan penyakit) tidak ada thiyarah (menganggap sial sesuatu hingga tidak jadi beramal), dan adakalanya kesialan itu terdapat pada tiga hal, yaitu; kendaraan, isteri dan tempat tinggal.”

– Pentingnya tajuk ini sampai Imam Bukhari membawakan dan meletakkan satu lagi tajuk khas untuknya. Kerana sebelum ini tidak dalam bentuk tajuk yang khas.

 

5330 – حَدَّثَنَا أَبُو الْيَمَانِ أَخْبَرَنَا شُعَيْبٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ قَالَ حَدَّثَنِي أَبُو سَلَمَةَ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ لَا عَدْوَى قَالَ أَبُو سَلَمَةَ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ سَمِعْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا تُورِدُوا الْمُمْرِضَ عَلَى الْمُصِحِّ وَعَنْ الزُّهْرِيِّ قَالَ أَخْبَرَنِي سِنَانُ بْنُ أَبِي سِنَانٍ الدُّؤَلِيُّ أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ
إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا عَدْوَى فَقَامَ أَعْرَابِيٌّ فَقَالَ أَرَأَيْتَ الْإِبِلَ تَكُونُ فِي الرِّمَالِ أَمْثَالَ الظِّبَاءِ فَيَأْتِيهَا الْبَعِيرُ الْأَجْرَبُ فَتَجْرَبُ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَمَنْ أَعْدَى الْأَوَّلَ

5330. Telah menceritaka kepada kami Abu Al Yaman telah mengabarkan kepada kami Syu’aib dari Az Zuhri dia berkata; telah menceritaka kepadaku Abu Salamah bin Abdurrahman bahwa Abu Hurairah berkata; saya mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidak ada ‘adwa (keyakinan adanya penularan penyakit).” Abu Salamah bin Abdurrahman berkata; saya mendengar Abu Hurairah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda: “Janganlah kalian mencampurkan antara yang sakit dengan yang sehat.” Dan dari Az Zuhri dia berkata; telah mengabarkan kepadaku Sinan bin Abu Sinan Ad Du`ali bahwa Abu Hurairah radliallahu ‘anhu berkata; sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidak ada ‘adwa (keyakinan adanya penularan penyakit) ” maka seorang Arab badui berdiri dan berkata; “Lalu bagimana dengan unta yang ada di padang pasir, bagaikan gerombolan kijang lalu datang padanya unta berkurap dan bercampur baur dengannya sehingga ia menularinya?” Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “siapakah yang menulari yang pertama.”

 

5331 – حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ قَالَ سَمِعْتُ قَتَادَةَ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ
عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا عَدْوَى وَلَا طِيَرَةَ وَيُعْجِبُنِي الْفَأْلُ قَالُوا وَمَا الْفَأْلُ قَالَ كَلِمَةٌ طَيِّبَةٌ

5331. Telah menceritaka kepadaku Muhammad bin Basyar telah menceritaka kepada kami Muhammad bin Ja’far telah menceritaka kepada kami Syu’bah dia berkata; saya mendengar Qatadah dari Anas bin Malik radliallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda: “Tidak ada ‘adwa (keyakinan adanya penularan penyakit) dan tidak pula thiyarah (menganggap sial pada sesuatu) dan yang menakjubkanku adalah al fa’lu.” Mereka bertanya; “Apakah al fa’lu itu?” beliau menjawab: “Kalimat yang baik.”

– Tentang al fa’lu ini telah diceritakan dalam syarah yang sebelum ini.

 

بَاب مَا يُذْكَرُ فِي سُمِّ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَوَاهُ عُرْوَةُ عَنْ عَائِشَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Bab Menyatakan Tentang Peristiwa Meracun Nabi s.a.w. `Urwah Meriwayatkannya Daripada Nabi s.a.w.

5332 – حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِي سَعِيدٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّهُ قَالَ
لَمَّا فُتِحَتْ خَيْبَرُ أُهْدِيَتْ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ شَاةٌ فِيهَا سَمٌّ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اجْمَعُوا لِي مَنْ كَانَ هَا هُنَا مِنْ الْيَهُودِ فَجُمِعُوا لَهُ فَقَالَ لَهُمْ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنِّي سَائِلُكُمْ عَنْ شَيْءٍ فَهَلْ أَنْتُمْ صَادِقِيَّ عَنْهُ فَقَالُوا نَعَمْ يَا أَبَا الْقَاسِمِ فَقَالَ لَهُمْ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ أَبُوكُمْ قَالُوا أَبُونَا فُلَانٌ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَذَبْتُمْ بَلْ أَبُوكُمْ فُلَانٌ فَقَالُوا صَدَقْتَ وَبَرِرْتَ فَقَالَ هَلْ أَنْتُمْ صَادِقِيَّ عَنْ شَيْءٍ إِنْ سَأَلْتُكُمْ عَنْهُ فَقَالُوا نَعَمْ يَا أَبَا الْقَاسِمِ وَإِنْ كَذَبْنَاكَ عَرَفْتَ كَذِبَنَا كَمَا عَرَفْتَهُ فِي أَبِينَا قَالَ لَهُمْ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ أَهْلُ النَّارِ فَقَالُوا نَكُونُ فِيهَا يَسِيرًا ثُمَّ تَخْلُفُونَنَا فِيهَا فَقَالَ لَهُمْ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اخْسَئُوا فِيهَا وَاللَّهِ لَا نَخْلُفُكُمْ فِيهَا أَبَدًا ثُمَّ قَالَ لَهُمْ فَهَلْ أَنْتُمْ صَادِقِيَّ عَنْ شَيْءٍ إِنْ سَأَلْتُكُمْ عَنْهُ قَالُوا نَعَمْ فَقَالَ هَلْ جَعَلْتُمْ فِي هَذِهِ الشَّاةِ سَمًّا فَقَالُوا نَعَمْ فَقَالَ مَا حَمَلَكُمْ عَلَى ذَلِكَ فَقَالُوا أَرَدْنَا إِنْ كُنْتَ كَذَّابًا نَسْتَرِيحُ مِنْكَ وَإِنْ كُنْتَ نَبِيًّا لَمْ يَضُرَّكَ

5332. Telah menceritakan kepada kami Qutaibah telah menceritakan kepada kami Al Laits dari Sa’id bin Abu Sa’id dari Abu Haurairah Bahwa ketika Khaibar ditaklukkan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam diberi hadiah seekor kambing yang diracuni. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam langsung bersabda: ‘Tolong kumpulkanlah orang-orang Yahudi yang ada di sini.’ Maka mereka dikumpulkanlah di hadapan beliau. Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ‘Saya akan bertanya kepada kalian tentang sesuatu, apakah kalian akan menjawab dengan benar? ‘, mereka menjawab; ‘Ya, wahai Abu Qasim (Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wasallam).’ Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bertanya: ‘Siapakah ayah kalian? ‘ Mereka menjawab; ‘Ayah kami si fulan.’ Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ‘Kalian bohong!, bahkan ayah kalian adalah si fulan.’ Mereka menjawab; ‘benar.’ Lalu beliau bersabda kepada mereka: ‘Apakah kalian akan bercakap benar jika saya tanya tentang sesuatu? ‘ Mereka menjawab; ‘Ya, dan jika kami berbohong niscaya engkau akan mengetahuinya, sebagaimana engkau mengetahui ayah-ayah kami.’ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bertanya kepada mereka: ‘Siapakah penghuni neraka? ‘ Mereka menjawab; ‘Kami akan berada di dalamnya sebentar dan kemudian kamu akan menggantikan kami di dalamnya.’ Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berkata kepada mereka: Terhinalah kalian di dalamnya, demi Allah subhanahu wata’ala kami tidak akan menggantikan kalian di dalamnya selamanya.” Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bertanya kepada mereka: “Apakah kalian akan berkata bercakap benar terhadap pertanyaan yang akan kutanyakan kepada kalian?”, mereka menjawab; Ya. Beliau bersabda: “Apakah kalian membubuhi racun pada (daging) kambing ini?” Mereka menjawab; “Ya, ” beliau bertanya: “Apa yang menyebabkan kalian berbuat demikian?” Mereka menjawab; “Kami ingin bebas dari kamu jika kamu seorang pembohong dan jika kamu benar seorang Nabi maka (racun itu) itu tidak akan memudaratkan kamu.”

– Baginda Nabi juga pernah diracun. Tapi kesannya tidak terus dirasai kerana Nabi adalah orang yang kuat. Sahabat yang ada dengan baginda ada yang mati terus apabila memakan racun tersebut.

Nabi telah tanya orang Yahudi itu tentang Neraka. Mereka kata mereka hanya akan masuk neraka hanya beberapa hari sahaja dan kemudian akan diganti dengan orang Islam. Itu adalah kerana mereka sangka mereka adalah kaum terpilih. Ini telah disebut didalam Quran berkenaan pemahaman mereka itu. Ayat itu juga menempelak orang Islam yang juga senang hati dengan merasakan mereka akan masuk syurga akhirnya. Seperti juga orang Yahudi yang sangka mereka akan masuk neraka sekejap sahaja, ada juga di kalangan umat Islam yang merasakan mereka akan selamat akhirnya.

Hadis ini menunjukkan bahawa Nabi pun boleh kena racun juga. Memang Allah boleh beritahu kepada Nabi tapi ianya adalah menjadi sebab sahaja.

 

بَاب شُرْبِ السُّمِّ وَالدَّوَاءِ بِهِ وَبِمَا يُخَافُ مِنْهُ وَالْخَبِيثِ

Bab Minum Racun Dan Berubat Dengannya Dan Apa Yang Dibimbangi Daripadanya Dan berubat dengan sesuatu yang tidak baik

5333 – حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ الْوَهَّابِ حَدَّثَنَا خَالِدُ بْنُ الْحَارِثِ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ سُلَيْمَانَ قَالَ سَمِعْتُ ذَكْوَانَ يُحَدِّثُ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ
عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ تَرَدَّى مِنْ جَبَلٍ فَقَتَلَ نَفْسَهُ فَهُوَ فِي نَارِ جَهَنَّمَ يَتَرَدَّى فِيهِ خَالِدًا مُخَلَّدًا فِيهَا أَبَدًا وَمَنْ تَحَسَّى سُمًّا فَقَتَلَ نَفْسَهُ فَسُمُّهُ فِي يَدِهِ يَتَحَسَّاهُ فِي نَارِ جَهَنَّمَ خَالِدًا مُخَلَّدًا فِيهَا أَبَدًا وَمَنْ قَتَلَ نَفْسَهُ بِحَدِيدَةٍ فَحَدِيدَتُهُ فِي يَدِهِ يَجَأُ بِهَا فِي بَطْنِهِ فِي نَارِ جَهَنَّمَ خَالِدًا مُخَلَّدًا فِيهَا أَبَدًا

5333. Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Abdul Wahhab telah menceritakan kepada kami Khalid bin Al Harits telah menceritakan kepada kami Syu’bah dari Sulaiman dia berkata; saya mendengar Dzakwan menceritakan dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda: “Barangsiapa mencampakkan dirinya dari gunung, hingga membunuh dirinya, maka ia akan berada dalam neraka jahannam, ia kekal serta abadi di dalamnya selama-lamanya. Barangsiapa meneguk racun, hingga meninggal dunia, maka racun tersebut akan berada di tangannya, dan ia akan meminumnya di neraka jahannam, ia kekal serta abadi di dalamnya selama-lamanya. Dan barang siapa bunuh diri dengan benda tajam, maka benda tajam itu akan ada di tangannya, dengannya ia akan menghujamkan ke perutnya di neraka jahannam, ia kekal dan abadi di dalamnya selama-lamanya.”

– Dalam ini tidak disebutkan racun sebagai penawar. Jadi ada ulama mengatakan ia bermaksud memakan racun. Bukan racun itu dijadikan ubat. Tapi sebenarnya memang Imam Bukhari nak mengatakan yang kalau racun itu boleh jadi ubat, tidak salah memakannya.
– Kalau racun dijadikan dos yang dapat mengubat, tidaklah akan memasukkan seseorang itu kedalam neraka. Akan masuk neraka kalau bunuh diri. Imam Bukhari amat tinggi ilmunya. Sampai dia tahu berkenaan dengan racun pun boleh dijadikan ubat.

Apakah yang dimaksudkan dengan ‘Apa yang dibimbangi?’ Kalau binatang yang kita takut itu adalah binatang berbisa. Bisa binatang pun boleh menjadi ubat. Macam bisa ular boleh dijadikan ubat untuk orang yang kena patuk ular. Macam dakwat sotong yang menjadi racun kepada binatang lain pun boleh dijadikan sebagai ubat.

Kekotoran adalah perkara yang kita jijik. Ada juga yang boleh dijadikan penawar. Contohnya kahak orang TB pun ada dijadikan ubat. Memang kalau fikirkan asal sesuatu ubat itu, akan menjijikkan. Tapi kepada org yang sakit, mereka sanggup sahaja makan. Sebab mereka dah tak tahan sakit dan mereka nak sembuh. Tak fikir dah dari mana asal ubat itu.

 

5334 – حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ سَلَامٍ حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ بَشِيرٍ أَبُو بَكْرٍ أَخْبَرَنَا هَاشِمُ بْنُ هَاشِمٍ قَالَ أَخْبَرَنِي عَامِرُ بْنُ سَعْدٍ قَالَ سَمِعْتُ أَبِي يَقُولُ
سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ اصْطَبَحَ بِسَبْعِ تَمَرَاتِ عَجْوَةٍ لَمْ يَضُرَّهُ ذَلِكَ الْيَوْمَ سَمٌّ وَلَا سِحْرٌ

5334. Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Salam telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Basyir Abu Bakar telah mengabarkan kepada kami Hasyim bin Hasyim dia berkata; telah mengabarkan kepadaku ‘Amir bin Sa’d dia berkata; saya mendengar Ayahku berkata; saya mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alai wasallam bersabda: “Barangsiapa di pagi hari makan tujuh buah kurma ‘ajwah, maka pada hari itu racun dan sihir tidak akan membahayakan dirinya.”

 

بَاب أَلْبَانِ الْأُتُنِ

Bab Susu-Susu Keldai/Himar betina

5335 – حَدَّثَنِي عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ أَبِي إِدْرِيسَ الْخَوْلَانِيِّ عَنْ أَبِي ثَعْلَبَةَ الْخُشَنِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ
نَهَى النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ أَكْلِ كُلِّ ذِي نَابٍ مِنْ السَّبُعِ
قَالَ الزُّهْرِيُّ وَلَمْ أَسْمَعْهُ حَتَّى أَتَيْتُ الشَّأْمَ وَزَادَ اللَّيْثُ قَالَ حَدَّثَنِي يُونُسُ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ قَالَ وَسَأَلْتُهُ هَلْ نَتَوَضَّأُ أَوْ نَشْرَبُ أَلْبَانَ الْأُتُنِ أَوْ مَرَارَةَ السَّبُعِ أَوْ أَبْوَالَ الْإِبِلِ قَالَ قَدْ كَانَ الْمُسْلِمُونَ يَتَدَاوَوْنَ بِهَا فَلَا يَرَوْنَ بِذَلِكَ بَأْسًا فَأَمَّا أَلْبَانُ الْأُتُنِ فَقَدْ بَلَغَنَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنْ لُحُومِهَا وَلَمْ يَبْلُغْنَا عَنْ أَلْبَانِهَا أَمْرٌ وَلَا نَهْيٌ وَأَمَّا مَرَارَةُ السَّبُعِ قَالَ ابْنُ شِهَابٍ أَخْبَرَنِي أَبُو إِدْرِيسَ الْخَوْلَانِيُّ أَنَّ أَبَا ثَعْلَبَةَ الْخُشَنِيَّ أَخْبَرَهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنْ أَكْلِ كُلِّ ذِي نَابٍ مِنْ السَّبُعِ

5335. Telah menceritakan kepadaku Abdullah bin Muhammad telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Az Zuhri dari Abu Idris Al Khaulani dari Abu Tsa’labah Al Khusyani radliallahu ‘anhu dia berkata; Nabi Shallallahu ‘alaih wasallam melarang makan setiap binatang buas yang bertaring.” Az Zuhri mengatakan; “Aku belum mendengar hadits tersebut hingga aku tiba di Syam, Al Laits menambahkan, katanya; telah menceritakan kepadaku Yunus dari Ibnu Syihab perawi berkata; lalu aku bertanya kepada Ibnu Syihab; “Apakah kita kena berwudlu’ atau bolehkah kita meminum susu unta betina atau memakan empedu binatang buas atau meminum kencing unta?” dia menjawab; “Orang-orang muslim dahulu banyak yang menjadikannya obat, dan mereka menganggap hal itu tidak mengapa, adapun susu keledai, maka telah sampai kepada kami bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melarang memakan dagingnya sementara belum sampai kepada kami tentang larangan dan perintah meminum susunya, sedangkan empedu binatang buas. Ibnu Syihab mengatakan; telah mengabarkan kepadaku Abu Idris Al Khaulani bahwa Abu Tsa’labah Al Khusani telah mengabarkan kepadanya bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melarang makan setiap binatang buas yang bertaring.”

– Keldai juga adalah satu binatang yang kita tak makan. Memang tak lalu nak makan pun. Tapi susunya boleh dijadikan ubat. Kalau keadaan biasa, susu dia pun kita tak lalu makan. Menjijikkan. Tapi kalau ianya boleh menyembuhkan, tentu sahaja ada orang sakit yang sanggup makan.

 

بَاب إِذَا وَقَعَ الذُّبَابُ فِي الْإِنَاءِ

Bab Apabila Lalat Jatuh Ke Dalam Bekas

5336 – حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ جَعْفَرٍ عَنْ عُتْبَةَ بْنِ مُسْلِمٍ مَوْلَى بَنِي تَيْمٍ عَنْ عُبَيْدِ بْنِ حُنَيْنٍ مَوْلَى بَنِي زُرَيْقٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا وَقَعَ الذُّبَابُ فِي إِنَاءِ أَحَدِكُمْ فَلْيَغْمِسْهُ كُلَّهُ ثُمَّ لِيَطْرَحْهُ فَإِنَّ فِي أَحَدِ جَنَاحَيْهِ شِفَاءً وَفِي الْآخَرِ دَاءً

5336. Telah menceritakan kepada kami Qutaibah telah menceritakan kepada kami Isma’il bin Ja’far dari ‘Utbah bin Muslim mantan budak Bani Taim dari ‘Ubaid bin Hunain mantan budak Bani Zuraiq dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Apabila lalat jatuh di dalam bekas salah seorang dari kalian, hendaknya ia menyelamkan kesemua lalat itu ke dalam minuman tersebut, kemudian membuangnya, karena pada salah satu sayapnya terdapat penyakit dan pada sayap lainnya terdapat penawarnya.”

Kalau ada air lain, tak payahlah minum air yang ini

– Sekarang memang telah terbukti dari sains bahawa ada kelebihan pada sayap lalat. Memang lalat kalau kita lihat menjijikkan. Tapi Nabi telah memberi hint bahawa ada ubat juga disitu. Sekarang ini ada pengajian yg mengkaji bagaimana virus boleh juga menjadi penawar.

Bukanlah nak mengatakan kena bela lalat. Atau beri lalat membiak sebab nak dijadikan ubat. Kalau jijik, tidaklah perlu untuk buat macam tu. Tambah pula kalau ada air lain yang boleh diminum. Kena tengok keadaan.

Bukhari mengisyaratkan tentang kematian di dalam hadis ini. Iaitu apabila lalat dimasukkan ke dalam air, maka lalat itu akan mati. Maka, kita juga akan mati juga nanti.

 

Kuliah Maulana Asri

Advertisements
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s